Monday, February 13, 2017

Apakah Minum Air Es Dapat Menurunkan Berat Badan ?

Apakah Minum Air Es Dapat Menurunkan Berat Badan ?


Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan mungkin punya beragam strategi untuk mewujudkannya, seperti diet dan olah raga. Namun, satu yang tidak pernah ketinggalan dan direkomendasikan sejumlah ahli kesehatan adalah mengonsumsi air putih. Terdapat juga anggapan bahwa mengonsumsi air es dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga efeknya dikatakan bisa mempercepat penurunan berat badan.

Selain demi menjaga tubuh terhidrasi, mengonsumsi air putih dipercaya dapat memperlancar sistem pencernaan, meremajakan kulit, dan menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Lalu, bagaimana dengan kegemaran masyarakat Indonesia mengonsumsi air es saat menyantap makanan?

Minum Air Es Bisa Menurunkan Berat Badan

Ingin tubuh lebih langsing? Minum air putih secara rutin dan teratur bisa menjadi salah satu solusinya. Penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi air es ternyata dapat meningkatkan metabolisme dan membuat perut lebih kenyang. Saat mengonsumsi air es, organ tubuh akan membakar kalori ekstra demi menghangatkan kembali cairan yang masuk ke tubuh.

Tubuh kita memerlukan cairan agar jalinan-jalinan sel dapat berfungsi dengan baik. Tubuh yang mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi berisiko mengalami gangguan metabolisme tubuh. Padahal, kesehatan metabolisme penting untuk dijaga demi menjamin serangkaian proses kimiawi, termasuk mengubah makanan menjadi sumber tenaga.

Walau demikian, efek penurunan berat badan ini tidak begitu saja langsung diperoleh. Proses ini akan berlangsung secara bertahap tergantung peningkatan metabolisme tubuh. Penelitian menyebutkan bahwa tingkat metabolisme mengalami kenaikan hingga 30 persen berkat mengonsumsi sekitar 500 ml air putih. Namun, kesimpulan ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Memilih Minuman yang Sehat bagi Tubuh

Air putih merupakan pilihan sehat dan murah karena tidak mengandung kalori dan bebas gula. Meski begitu perlu diingat juga bahwa tidak selamanya air es memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Namun jika Anda merasa bosan, sesekali saja masih diperbolehkan untuk mengonsumsi air es tanpa tambahan gula atau pemanis buatan. Hati-hati, minuman dengan gula tambahan berisiko merusak gigi dan bila berlebihan malah akan membuat berat badan menjadi bertambah.

Berikut beberapa tips dalam memilih jenis-jenis minuman untuk kesehatan tubuh.

Air putih merupakan minuman terbaik dibandingkan minuman manis dengan tambahan gula. Mulai dari sekarang kurangi stok minuman manis di lemari pendingin Anda.
Anda bisa mencampur air mineral dengan perasan jeruk lemon, jeruk nipis, semangka, atau mentimun. Buatlah minuman-minuman sejenis ini di rumah untuk sesekali saja. Tetap utamakan air putih sebagai asupan harian.
Campur air mineral dengan 100 persen jus murni yang bisa menjadi minuman segar dan rendah kalori.
Biasakan menyediakan air putih sebagai minuman utama saat menyantap makanan.
Minum air putih sedikit demi sedikit dengan menghindari meneguk beberapa gelas air sekaligus.
Ganti minuman soda atau secangkir kopi dengan satu gelas air putih.
Sebagai cara praktis, cepat, dan murah, Anda bisa menyiapkan sebotol air minum sebagai pelepas dahaga ketika beraktivitas.
Jika belum bisa menghindari minuman manis, Anda bisa mengurangi porsi dan frekuensi meminumnya. Perlu diingat, sebagian minuman soda kaleng dan botol bisa mengandung 100 kalori dalam satu kemasan.

Mengonsumsi makanan atau minuman berkalori yang melebihi batas bisa mengakibatkan penumpukan lemak. Dalam jangka waktu yang lebih panjang, kondisi ini bisa menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Seseorang yang mengalami obesitas berisiko meningkatkan risiko dirinya terkena penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, hingga kanker. Perlu diingat, konsumsi air es disarankan untuk dikombinasikan juga dengan santapan rendah kalori dan aktivitas fisik secara rutin demi menjaga berat badan ideal.


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments