Monday, February 13, 2017

Manfaat Penting Lemak Tak Jenuh Tunggal

Manfaat Penting Lemak Tak Jenuh Tunggal


Lemak tak jenuh tunggal merupakan jenis lemak yang bersahabat. Mengganti asupan lemak jenuh dan lemak trans dengan lemak tak jenuh tunggal merupakan cara yang ampuh untuk bisa hidup lebih sehat.

Saat mendengar kata lemak, Anda pasti akan membayangkan berbagai macam penyakit yang mengintai. Padahal, lemak tak selamanya membawa dampak buruk bagi tubuh. Pada dasarnya, kehadiran lemak tetap diandalkan tubuh demi bisa menjalani fungsinya secara keseluruhan. Meski begitu, Anda harus lebih jeli dalam memilah asupan lemak, antara yang baik dan buruk. Lemak baik yang berjenis lemak tak jenuh tunggal bisa menjadi pilihan utama sebagai bagian dari asupan konsumsi Anda sehari-hari.

Kebaikan di Balik Lemak Tak Jenuh Tunggal

Sudah sepantasnya lemak tak jenuh tunggal dijadikan sahabat Anda. Bukannya tanpa alasan, berikut manfaat-manfaat yang bisa dicerna untuk kebaikan tubuh.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Salah satu makanan yang tinggi akan kandungan lemak tak jenuh tunggal adalah almond. Kandungan lemak tak jenuh tunggal dan serat pada almond terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol. Mengonsumsi sekitar 40 gram kacang almond efektif dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Selain tinggi akan kandungan lemak dan kalori, kacang almond dapat membantu dalam menurunkan berat badan karena memberikan efek yang kenyang jika mengonsumsinya.

Menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh

Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan menjaga kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

Membantu pertumbuhan dan perkembangan sel-sel tubuh

Lemak tak jenuh tunggal membantu mengembangkan dan memelihara sel-sel tubuh Anda. Kandungan vitamin E yang tinggi pada lemak ini juga dibutuhkan untuk mempertahankan penglihatan yang sehat, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan manfaat-manfaat lainnya.

Baik untuk penderita diabetes tipe 2

Lemak tak jenuh tunggal juga dapat membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dapat mengontrol kadar insulin dan kadar gula darah yang dapat membantu penderita diabetes tipe 2 dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh.

Baik untuk kesehatan kulit wajah

Mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak jenuh tunggal dengan kadar yang tepat akan membuat Anda terlihat awet muda. Hal ini dikarenakan wajah merupakan bagian tubuh yang memerlukan asupan lemak. Lemak pada wajah mampu memperkuat sel-sel kulit wajah serta dapat mengatasi kerutan. Kandungan lemak tak jenuh yang bisa didapatkan dari minyak zaitun, avokad, dan kacang-kacangan juga mampu menjaga kelembapan kulit dan meminimalkan risiko mengalami peradangan.

Mengurangi tingkat depresi

Penelitian menunjukkan bahwa negara-negara di kawasan Mediterania mengalami penurunan terkait tingkat depresi dan bunuh diri dibandingkan dengan negara di kawasan Eropa Utara. Salah satu alasannya adalah berkat menjalani diet Mediterania dengan mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal lebih tinggi dari minyak zaitun dan lemak tak jenuh ganda dari minyak ikan.

Penuhi Kebutuhan Lemak Tak Jenuh Tunggal

Lemak tak jenuh tunggal bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti minyak biji bunga matahari, kacang-kacangan, almond, biji wijen, minyak zaitun yang dapat Anda masukkan ke dalam penganan hari-hari seperti berikut ini:

Untuk camilan, Anda bisa mengganti cookies kesukaan Anda atau keripik kentang dengan kacang-kacangan sebagai bentuk alternatif camilan sehat.
Tambahkan avokad untuk salad dan roti lapis.
Ganti mentega dengan minyak zaitun atau minyak canola untuk menggoreng makanan.

Lemak tak jenuh tunggal memang baik untuk tubuh, namun Anda tetap disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, semua jenis lemak, termasuk lemak tak jenuh tunggal, pada dasarnya mengandung tinggi kalori. Mengonsumsi lemak tak jenuh tunggal secara bijak merupakan langkah yang tepat yang bisa Anda lakukan


Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments